Mengajarkan Pola Makan Sejak Masa Mpasi

Mpasi merupakan masa-masa awal pengenalan makanan kepada si kecil, saat inilah si kecil akan belajar berbagai macam jenis makanan serta rasa dan teksturnya. Semakin bertambah usianya, si kecil akan mulai menyukai beberapa makanan saja dan menolak makanan yang lain.

Selain mengenalkan berbagai macam makanan pendamping ASI, si kecil juga perlu diajarkan pola makan yang baik dan teratur sejak kecil. Mengajarkan pola makan yang baik untuk si kecil bisa dilakukan sesuai dengan tahapan usianya. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut, orang tua bisa menyimak dan mencatat dengan baik.

Strategi Ajarkan Pola Makan Sejak Masa Mpasi



Orang tua harus pandai dalam membimbing si kecil pada masa-masa pengenalan Makanan Pendamping ASI. Berikut ini beberapa strategi yang dapat dilakukan orang tua untuk mengajarkan pola makan sejak usia dini kepada si kecil, antara lain:


Usia 1 Hingga 3 Tahun

Masa Mpasi sampai usia 1 hingga 3 tahun merupakan masa pengenalan makanan untuk si kecil. Berikut ini yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajarkan pola makan pada si kecil, antara lain:


  • Mengenalkan aktivitas makan yang tak kalah menyenangkan dengan bermain misalnya selalu tersenyum atau pakai alat makan berwarna cerah dan bergambar. 
  • Pada masa ini si kecil masih mencoba mengenal makanan dari segi jenis, tekstur dan warnanya, biarkan ia mengacak-acak atau bermain dengan makanannya.
  • Saat si kecil mulai menunjukkan keinginannya untuk makan sendiri secara mandiri, orang tua harus mendukungnya, ini akan jadi proses belajar mandiri untuk si kecil.

Usia 3 Hingga 5 Tahun


Setelah si kecil cukup besar, kini saatnya orang tua lebih serius mengajarkan pola makan yang baik. Berikut ini yang bisa dilakukan, antara lain:



  • Pada usia ini umumnya si kecil sudah mulai mandiri menggunakan alat makannya sendiri. Biasakan untuk makan di meja makan bersama dengan keluarga untuk membentuk pola makan bersama dan menguatkan tali kekeluargaan. 


  • Orang tua harus mampu menyiasati si kecil untuk selalu makan makanan sehat yang bergizi. Jika ia tidak suka, orang tua harus kreatif membuat olahan makanan.


  • Ciptakan momen menyenangkan saat makan, misalnya buat permainan tebak-tebakan menu makanan yang disajikan sehingga si kecil lebih antusias. 


Itulah strategi yang bisa dilakukan orang tua dalam membangun pola makan yang baik untuk si kecil. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer